Menabung untuk Penuhi Gaya Hidup Sesuka Hati, Boleh atau Tidak?

 

Tips Investasi

Menabung bagi setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yang menabung untuk masa depan, untuk biaya pendidikan, untuk jaminan masa tua, untuk membeli rumah dan lain sebagainya. Tabungan yang dimiliki ada pula yang bertujuan untuk memenuhi gaya hidup sesaat dan dianggap menyenangkan. Namun, apakah tindakan semacam ini dibenarkan?

Memang pada dasarnya tidak ada yang salah, karena tiap orang punya prioritas masing-masing. Akan tetapi, jika menabung tujuannya hanya untuk kesenangan hidup sesaat, alangkah baiknya hal tersebut tidak dilakukan terus- menerus karena di masa tua nanti justru tidak akan memiliki uang yang cukup untuk biaya hidup.

Bolehkah Menabung untuk Memenuhi Gaya Hidup Sesuka Hati? Ini Jawabannya


Menabung harus memiliki tujuan agar semakin semangat untuk mengumpulkan uang sebanyak mungkin. Lalu apakah jika sesekali ingin menabung hanya untuk memenuhi gaya hidup sesaat apakah diperbolehkan, simak jawabannya di bawah ini. 
Pahami Prioritas Keuangan 

Wajar apabila sebagai manusia ingin bergaya hidup seperti orang lain. Hal tersebut tidak mengapa apabila memiliki banyak uang. Namun, jika keuangan pas-pasan dan hanya mengandalkan gaji bulanan, sebaiknya bergaya hidup sesuka hati dipikirkan dengan baik-baik. 

Ada banyak hal lain yang lebih penting yang membutuhkan banyak uang dibanding harus memenuhi keinginan sesaat. Prioritas keuangan ada baiknya dipahami dengan baik. Misalnya lebih memilih mengalokasikan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari, tabungan hari tua, menabung untuk membuat rumah, persiapan traveling dan yang lainnya. 

Renungi Stabilitas Keuangan

Tidak selamanya keadaan keuangan akan baik-baik saja. Setiap orang pasti memiliki pasang surut keuangan masing-masing. Ada yang tiba-tiba pengeluarannya banyak sekali sehingga penghasilannya yang biasanya cukup menjadi tidak cukup. 

Oleh sebab itu, ketika ingin berfoya-foya sesaat dengan tabungan yang dimiliki pikirkanlah bagaimana jika besok tidak lagi memiliki penghasilan. Lalu dengan apakah nantinya akan memenuhi kebutuhan hidup jika tidak punya tabungan. 

Cek Kembali Tujuan Pengelolaan Keuangan

Tabungan online kini menjadi pilihan banyak orang ketika memutuskan menabung untuk tujuan masa depan. Langkah dan cara menabung yang lebih mudah menjadi salah satu alasannya. 

Kemudahan ini pula dirasakan ketika ingin mengambil tabungan untuk keinginan gaya hidup menyenangkan sesaat seperti orang lain. Penarikannya yang mudah membuat keinginan mengambil uang sesering mungkin jadi lebih menggebu. 

Saat hal tersebut terjadi, ada baiknya apabila mengingat kembali tujuan pengelolaan keuangan yang sudah dicanangkan dalam. Jika hal tersebut sering kali dilakukan pengelolaan keuangan yang sudah ditata dengan baik malah akan berantakan. Tabungan akan semakin menipis dan tidak punya lagi investasi untuk masa tua nanti hanya karena mengikuti keinginan gaya hidup menyenangkan yang sesaat. 

Tips Kelola Keuangan Jika Kamu Ingin Menabung untuk Gaya Hidup

Memiliki keinginan mengikuti gaya hidup layaknya orang lain harus diikuti pula dengan konsekuensi harus mempunyai anggaran untuk hal tersebut. Jangan sampai gaya hidup yang diterapkan mengganggu prioritas keuangan yang lainnya. 

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan jika tetap ingin bergaya sesuka hati tanpa mengganggu prioritas tabungan online yang lainnya. Simak tipsnya di bawah ini. 

Buat Anggaran Sesuai Prioritas Kebutuhan (Metode 10:20:30:40)

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat prioritas kebutuhan. Kamu bisa melakukannya dengan menerapkan metode 10:20:30:40 dengan rincian 10% untuk biaya sosial, 20% untuk tabungan, investasi dan proteksi, 30% untuk cicilan dan 40% untuk biaya rumah tangga. 

Dengan menerapkan metode ini disaat kamu ingin bergaya hidup sesuka hati meski hanya sesekali tidak akan mengganggu pos-pos pengeluaran penting lainnya. 

Tingkatkan Pendapatan Pasif 

Bagaimana jika penghasilan yang kamu dapatkan tidak cukup untuk memenuhi gaya hidup sesuka hati tersebut? tentu saja kamu harus bekerja lebih keras lagi dengan mengandalkan penghasilan lain atau membuka peluang pendapatan pasif lainnya. 

Jika memiliki pendapatan pasif lain yang dapat diandalkan, kamu bisa melakukan gaya hidup menyenangkan seperti orang lain tanpa ada beban berat karena penghasilan yang tidak cukup. 

Hindari Utang Konsumtif

Banyak orang yang memilih berutang kesana-kemari apabila penghasilan yang dimiliki tidak cukup untuk berfoya-foya bahkan untuk sesaat saja. Padahal kebiasaan tersebut tidaklah baik apalagi untuk masa depan nantinya. 

Banyak utang justru akan membuat hidup tidak tenang dan penghasilan yang didapat habis untuk melunasi utang saja. Oleh karena itu hindari utang kesana kemari hanya untuk memenuhi keinginan sesaat saja. 

Investasikan Waktu untuk Belajar Keuangan

Investasi tidak hanya berupa uang saja. Agar finansial kamu tetap stabil tidak ada salahnya apabila kamu sesekali menginvestasikan waktu untuk belajar keuangan. Ada banyak manfaat yang akan kamu peroleh di sini. Kamu bisa mengatur keuangan dengan baik dan lebih bisa mengontrol keinginan membelanjakan uang untuk hal yang tidak penting. 

Pasang Target Masa Depan

Tips terakhir yang dapat dilakukan ketika memiliki keinginan untuk bergaya hidup menyenangkan sesaat adalah buat target masa depan sehingga tidak akan mengganggu prioritas keuangan yang lainnya. Boleh saja melakukan hal tersebut selama telah ada tabungan untuk masa depan dan untuk hal penting lainnya dan tidak sering melakukannya. 

Setelah memahami bagaimana tips mengelola keuangan yang baik ketika tetap ingin bergaya hidup sesuka hati, kini kamu akan paham bahwa menabung yang selama ini dilakukan tidak hanya terbatas pada kontrol pengeluaran saja, tapi juga tentang bagaimana memaksimalkan pendapatan dengan lebih banyak menambah pendapatan pasif. 

Untuk menyeimbangkan kedua hal tersebut, tak ada salahnya apabila kamu menggabungkan tips pengelolaan keuangan dengan kemudahan fitur di Aplikasi digibank by DBS. Dengan demikian kamu bisa mencapai keseimbangan antara memenuhi keinginan gaya hidup sesaat dan jaminan masa depan finansial yang lebih baik. 

Memiliki tabungan online di Aplikasi digibank by DBS terdapat banyak keuntungan misalnya saja pembukaan yang sepenuhnya dilakukan dengan cara online, tanpa minimum saldo, bunga tinggi per tahunnya, dan gratis transfer pakai BI-Fast. Tak hanya itu, tersedia Tabungan Maxi yang memiliki fitur 20 Dompet Maxi yang bisa banget kamu pakai untuk kelola keuangan sesuai dengan budget dan pos masing-masing, 

Yuk, kapan lagi kamu akan mendapatkan keuntungan yang sedemikian rupa. Segera buka rekening tabungan di Aplikasi digibank by DBS dan finansial kamu akan lebih tertata dengan baik. Info selengkapnya tentang produk tabungan bisa kamu baca di sini.

No comments